Sambangi PDAM Jayapura, Dewan Kota Pastikan Pelayanan Air Bersih

Bagikan Berita Bagikan ke Facebook Bagikan Tweet ke Twitter Bagikan ke LinkedIn

Jayapura,  Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Pimpinan dan anggota DPRD kota Jayapura melakukan kunjungan kerja ke PDAM Jayapura, Selasa( 8/12/2020).

Kunjungan kerja yang dipimpin Wakil Ketua I, Jhon Y. Betaubun, SH,MH tersebut, dalam rangka Konsultasi dan Koordinasi serta Monitoring pelayanan air bersih dalam rangka Natal, Tahun Baru dan penyelenggaraan PON XX tahun 2021.

Para ketua Komisi ,ketua Pansus Covid -19 turut hadir untuk mendengar penjelasan dari Dirut PDAM Jayapura, DR, Entis Sutisna, SE, MM.

Kepada sejumlah wartawan Jhon Y.Betaubun,SH, MH mengaku merasa puas dengan apa yang dijelaskan oleh dirut PDAM, terkait dengan ketersediaan air bersih.

Betaubun juga minta kepada masyarakat harus memahami bahwa faktor alam akhir-akhir ini, sehingga belum sepenuhnya penyediaan air bersih kepada semua masyarakat.

“Tapi yang paling utama adalah pelayanan yang selama ini sudah dibuat secara baik, sehingga itu yang Dewan berikan apresiasi,” terang politisi PDIP itu.

Dewan berharap, ketersediaan air bersih bukan saja menjelang Natal dan Tahun Baru dan PON tapi merupakan kebutuhan utama masyarakat setiap saat.

Betaubun juga mengakui, bahwa pemerintah kota juga memberikan penyertaan modal kepada PDAM Jayapura. Untuk itu apapun yang menjadi kepentingan masyarakat dan apa yang diminta oleh PDAM serta jika membutuhkan penyampaian dari DPRD kota Jayapura, pada prinsipnya kami siap.

Karena sesungguhnya, apa yang dilakukan oleh PDAM ini tentu untuk kepentingan masyarakat banyak.

Dewan lanjut Betaubun juga menegaskan, agar masyarakat jangan hanya mau menuntut hak saja tapi kewajiban juga harus dilaksanakan.

“Atas nama pimpinan DPRD dan Anggota Dewan, kami menghimbau kepada masyarakat, dunia usaha, perbankan untuk konsekuen dalam membayar rekening listrik setiap bulan,” cetusnya.

Selain itu juga, masyarakat harus menjaga lingkungan, tentu tidak melakukan perambahan hutan karena akan berpengaruh kepada ketersediaan air.

“Masyarakat harus menjaga lingkungan, dengan tidak menebang pohon secara sembarangan supaya debit air tetap ada,” pintanya.

Di tempat yang sama Direktur Utama PDAM Jayapura,.DR Entis Sutisna, SE mengakui bahwa saat Dewan melakukan konsultasi dan koordinasi , pihaknya telah menyampaikan beberapa poin berkaitan dengan pelayanan untuk kepentingan Natal dan Tahun Baru maupun PON XX tahun 2021.

“Memang kami mengalami kendala dalam pelayanan, tapi tentu akan menjadi ringan jika ada dukungan dari seluruh Anggota Dewan maupun pemerintah kota Jayapura selaku pemilik PDM Jayapura,”tuturnya.

Entis juga mengatakan, kesempatan tadi kami juga menyerahkan dokumen bisnis plan PDAM untuk jangka waktu 2020-2024.

Dokumen itu menurut Entis secara lengkap memetakan tentang permasalahan PDAM secara internal maupun eksternal. Dan apa yang akan dilakukan PDAM 5 tahun kedepan.

“Jadi lewat dukungan Pimpinan dan anggota Dewan, dan melalui kunjungan saat ini maka lebih akan meningkatkan motivasi dan upaya kami untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Diungkapkan juga, penagihan kami saat ini hanya 54% pelanggan yang membayar rekening. Diharapkan akan meningkat di tahun 2021 sehingga pelayanan akan lebih ditingkatkan.

Walaupun banyak kritik dan saran dari anggota Dewan namun untuk kemajuan PDAM. Entis mengaku menerima semua itu.

Entis Sutisna juga membeberkan dalam kepemimpinannya selama 2 tahun dan sejarah PDAM saat ini PDAM Jayapura telah memperoleh laba 2 miliar,” tukasnya.

Akhir konsultasi dan koordinasi, Direktur PDAM menyerahkan dokumen rencana bisnis kepada pimpinan Dewan.

(Let)

Sumber : https://teraspapua.com